Saturday, May 20, 2017

Cara Mengetahui Jumlah Karakter Kata di Ws Word

iklan

iklan

Dalam membuat sebuah artikel atau naskah ataupun artikel untuk post blog, seorang penulis/blogger seringkali harus bisa merangkai kat/ tulisannya sedemikian rupa dalam batas tertentu menyesuaikan space di koran atau majalah yang dituju ataupun untuk memenuhi kualitas seo blog. Sebagi contoh untuk menulis sebuah artikel untuk dimuat di koran atau majalah biasanya ada syarat jumlah minimal atau maksimal jumlah karakter yang ditentukan.

Oleh karena hal diatas, kita sering jumpai pengumuman dari redaksi seperti ini, “Kirimkan cerpen atau esai sastra Anda dengan Panjang tulisan maksimal 10.000 karakter with space untuk cerpen dan 5.000 karakter with space untuk esai dan lain-lain…”. Atau dalam event lomba menulis juga sering mensyaratkan batasan tulisan dengan mengacu kepada jumlah karakter serta judul ataupun topik

Bagi penulis pemula biasanya akan bingugn dan bertanya-tanya, bagaimana mengetahui jumlah karakter sebuah tulisan? Ada pula yang bertanya seperti ini, “Kira-kira berapa halaman sih 5.000 ribu karakter itu?” Hehehe bener kan?

Sahabat Mas Bloge semua. Untuk mengetahui jumlah persis karakter sebuah tulisan tidak bisa dikira-kira dengan jumlah halaman, atau bisa juga dengan cara manual tapi jelas butuh lama untuk emgnhitung karakter tulisanmu sendiri. Karena itu tergantung berapa spasi dan font tulisan yang digunakan. Kalau dihitung manual, rasanya akan cape’ deh…Lalu bagaimana dong caranya? Berikut ini cara gampangnya:

Pada Microsoft Word (MS Word) sebenarnya sudah tertanam fasilitas atau fitur yang berguna untuk menghitung jumlah kata, jumlah huruf/karakter, jumlah paragraf, dan jumlah baris lho. Nama fitur itu disbut "Word Count". Dengan fitur tersebut, semua data tentang jumlah kata dan seterusnya itu akan kamu dapatkan secara cepat dan akurat, bahkan ada pilihan karakter dihitung dengan yang menggunakan spasi (Characters with space) atau yang tidak menggunakan spasi (Characters no space).

Pengertian Word Count 

Word Count sendiri yaitu sebuah fasilitas yang dimiliki oleh Ms Word untuk mengetahui jumlah kata, paragraf, basris, character, halaman dengna mudah, cepat serta otomatis. Dengan word count semua data tentang tulisan yang kita buat akan lebih mudah dilihat dan kita dapatkan. Dengan kata lain Cara Mengetahui Jumlah Karakter Tulisan di MS Word 2007 menggunakan word count akan sangat mudah hehehe.

Dengan menggunakan "word Count" kamu juga dapat menghitung kata atau huruf sesuai dengan kata atau kalimat tertentu saja di mana kalimat tersebut harus kamu blok atau kamu seleksi terlebih dahulu. Jika tidak ada yang diblok, berarti seluruh kalimat akan dihitung. Untuk memunculkan fasilitas Word Count di MS Word 2007, agar lebih paham silahkan ikuti langkah berikut:

Cara Mengugunakan Word Count pada Ms Word


1. Silahkan buka Ms Word dan ketikkan sebuah artikel atau buatlah sebuah tulisan terserah mau banyak atau kecil. Sebagai contoh lihat gamabr dibawah ini.
2. Silahkan klik ribbon Review (angka satu merah) kemudian pada group menu proofing klik Word Count (angka 2 merah) dan lihat colom kotak kecil ada angka 3 merah itulah hasil dari word count.
 

Nah mudah sekali kan Cara Mengetahui Jumlah Karakter Kata di Ws Word. Silahkan share ke teman-teman Anda bila sedikit ilmu ini bermanfaat.

0 comments

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggal komentar yang relevan