Thursday, September 7, 2017

Tata Cara Belajar Seo Blog Bagi Pemula | Cara Otodidak

iklan

iklan
Tata Cara Belajar Seo Blog Bagi Pemula | Cara Otodidak

Belajar serta memahami SEO adalah sesuatu yang bisa membuat Anda menjadi pusing, apalagi bagi Anda yang baru terjun kedunia internet (sebut saja pemula). Oleh karena hal tersebut Seo Google Tools membuat sebuah panduan tentang bagaimana alur belajar seo blog yang benar dan bertahap. Dengan begitu Anda bisa mempelajari dan memahami sedikit-demi sedikit apa itu seo, fungsi/manfaat seo serta bagaimana cara memakai seo untuk mengoptimalkan blog Anda. Dan bahkan membuat artikel Anda berada di halaman pertama mesin pencari (search engine google, bing dan yahoo).

Cara panduan belajar seo yang baik dan benar ini saya buat sesuai dengan cara saya sendiri. Cara mengoptimalkan sebuah situs/blog agar bisa nangkring di page one. Cara yang biasa saya pakai dalam menuis artikel untuk blog saya. Cara dimana saya belajar secara otodidak tentunya. Karena saya benar-benar belajar dari nol (newbie buangett) dan bahkan sudah beberapa kali ketipu dengan yang katanya ebook optimasi seo dan lain-lain.

Padahal seo itu selalu berubah, seo beberapa tahun lalu belum tentu bisa diterapkan untuk tahun sekarang. Karena google pastinya selalu memperbaharui algoritmanya untuk menentukan rangking situs.

Oleh karena hal tersebut jika Anda ditawari ebook dan harus membayar silahkan tanyakan dahulu itu ebook tahun berapa? Meski bila kita membeli hanya untuk sekedar menambah wawasan. Okey langsung saja mari kita belajar seo melalui tahapan yang baik dan benar.

Panduan Belajar Seo Blog Bagi Pemula | Cara Otodidak


Jika Anda benar-benar ingin belajar dan memahami tentang belajar seo blog bagi pemula agar dapat menghasilkan uang dengan cara saya (otodidak). Silahkan selalu baca dan praktekkan okeyy ...

Mempraktekkan seo untuk mengoptimalkan sebuah blog dan artikel ini akan saya bagi dalam beberapa tahap materi yang akan saya jelaskan satu persatu. Dengan begitu semoga Anda semakin paham.

Materi I
Pengertian Seo dan Cara Search Engine Bekerja


Alangkah baiknya sebelum memulai Anda harus paham dahulu apa itu SEO? SEO adalah singkatan dari SEARCH ENGINE OPTIMIZATION atau kata lainnya yaitu Optimasi Mesin Pencari seperti google, bing dan yahoo. Secara mudahnya bisa dibilang bahwa SEO merupakan upaya yang kita lakukan untuk memaksimalkan blog atau artikel kita agar bisa nangkring di halaman pertama (page one) mesin pencari. Dan tentunya manfaatnya banyak sekali jika blog/artikel kita muncul dihalaman pertama search engine.

Tujuan melakukan SEO yaitu yang paling utama adalah agar kita mendapatkan trafik pengunjung dari mesin pencari (serach engine). Ini berkaitan dengan membuat artikel/blog Anda bisa berada di halama pertama makan pengunjung akan lebih banyak datang bukan?

Coba banyangkan bila blog Anda berada jauh di halaman berapa apakah akan mendapatkan banyak trafik/pengunjung? Karna saya sendiri kalo membuka blog pastilah kebanyakan hanya yang masuk page one dan itu saya kebanyakan yang nomor 1-5 di halaman pertama.

Dengan begitu kini Anda sudah paham kenapa SEO dibutuhkan dan kenapa orang pada mencari trafik. Simpel kan!

Materi II
Bikin Blog Niche Campuran Atau Satu Niche


Niche bisa dikatakan sebagai topik, tema suatu blog. Oleh karena hal tersebut sangat saya anjurkan untuk membuat blog dengan niche tertentu dan jangan buat blog dengan niche campuran. Apalagi tujuan Anda membuat sebuah blog untuk mendapatkan penghasilan dari goolge adsense. Karena google adsense (GA) lebih menyukai blog/website dengan niche tertentu.

Sebagai contoh Anda mengambil Niche "Pelatih" nah ketika membuat artikel/konten usahakan semua yang berkaitan dengan pelatih. Anda bisa membuat artikel tentang pengertian pelatih, tugas pelatih, cara membuat program latihan dan lain-lain.

Namun bila Anda ingin membuat niceh campuran silahkan itu tidak masalah, apalagi jika Anda masih tahap mencoba, silahkan saja agar Anda tidak bingung dalam membuat konten. Misal baru pengen bahas makanan ya silahkan tulis makanan, pengen bahas motor ya silahkan bahas motor.

Oleh karena hal tersebut sebaiknya Anda baca artikel lengkapnya tentang Solusi membuat website dengan banyak niche atau satu niche saja.

Materi III
Cara Tepat Melakukan Riset Keyword (Kata Kunci) Untuk Artikel


Setelah Anda benar-benar membaca materi 1&2 sekarang saatnya Anda belajar membuat artikel/konten yang sesuai dengan topik/tema/niche blog Anda. Disini saya anggap sudah paham apa yang saya sampaikan pada materi 1&2 ya .... Dengan begitu ada akan lebih mudah dalam melakukan SEO serta cara kerja search engine.

Okey kita lanjutkan tetang keyword (kata kunci), merupakan sesuatu yang diketikkan oleh pengguna di mesin pencari seperti google, bing atau yahoo. Semisal Anda mengetikkan "mas bloge" nah akan muncul blog "masbloge.blogspot.com" begitu juga dengan keyword "cara membuat program latihan" makan akan muncul artikel yang relevan dengan keyword tersebut.

Namun yang terpenting dengan keyword adalah Anda harus bisa melihat apakah kata kunci tersebut banyak yang mencari dan apakah saingannya tinggi atau rendah. Ini akan berkaitan juga dengan konten Anda bisa masuk ke page one/halaman pertama mesin pencari seperti google.com, bing dan yahoo.

Oleh karena hal tersebut maka Anda harus menargetkan dahulu target utama Anda untuk optiasi SEO. Dua hal yang cukup berkaitan erat dengan kata kunci yaitu :
1. Semakin pendek kata kunci target, maka semakin tinggi pula persaingan Anda
2. Buatlah kata kunci LSI. Apa itu LSI bisa Anda baca di "Cara memuat kata kunci LSI"
3. Persaingan yang tinggi belum tentu nilai klinya besar. Oleh karena itu usahakn membuat blog dengan niche yang nilai komersialnya besar, seperti kesehatan, otomotif, trending, forex, asuransi dan lain-lainnya. Ini saran saya bagi yang ingin mencari uang di internet lho ya

Untuk lebih lengkapnya cara melakukan riset kata kunci yang tepat silahkan baca pada "Cara tepat mencari kata kunci"


Nah untuk silahkan Anda pelajari dahulu apa dan manfaat SEO serta materi yang ada.

Masih ada 2 materi lagi yang akan saya bahas disini tunggu saja updatenya yachh

0 comments

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggal komentar yang relevan