Sunday, May 14, 2017

Cara Membenarkan Sitemap Yang Error

iklan

iklan
Apakah sitemap Anda error? Jika iya tepat sekali Anda menemukan artikel ini. Disini Mas Bloge akan share cara mengatasi sekaligus membenarkan sitemap Anda yang eror. Sitemap yaitu sebuah peta situs blog. Berguna untuk mempermudah pengunjung tentang konten atau artikel yang ada pada blog Anda. Sehingga akan lebih mempermudah serta mempercepat Visitor dalam mencari artikel yang diinginkan yang ada pada blog tersebut. Selain itu bila sitemap Anda bagus akan mempermudah dan disukai oleh mesin pencari (search engine) seperti google, bing, yahoo dan lainnya.

Oleh karena hal yang saya kemukakan diatas alangkah baiknya setelah Anda meng-upload artikel/konten silahkan submit rul artikel yang baru diupload tadi ke "https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url?continue/addurl", agar artikel kamu lebih cepat dirayapi oleh mesin pencari (search engine). Sehingga akan lebih mudah terindek.

Perlu diketahui google mempunyai mesin yang bernama google bot. Google bot sendiri betugas untuk mencari data informasi berdasarkan kata kunci yang telah Anda ketik, selanjutnya menampilkan beberapa informasi yang cocok dengan kata kunci tersebut kehasil pencarian google. Nah kata kunci yang diperoleh oleh google bot ini bisa berupa teks, link ataupun gambar. Oleh akrena itu usahakan google bot dapat mengakses atau menelusuri blog Anda. Namun yang terjadi kadang kala google bot tidak bisa menelusuri mengakses situs diakrenakan beberapa alasan seperti adanya link yang jelak atau karena situs Anda terlalu berat (banyaknya script iklan yang Anda pakai)

Sebelum masuk ke cara mengatasi dan membenarkan sitemap yang error silahkan baca dahulu cara daftar sitemap di Goole Search Console (google webmaster)

Cara Daftar Sitemap di Goolge Search Console


Sudah tahukan google mempunyai produk bernama Google Webmaster Tools yaitu produk goolge yang diperuntukan bagi pemilik blog/situs/website untuk membbuat peta situs (sitemap) dengan cara yang mudah. Jadi silahkan Anda daftarkan segera situs Anda.

1. Klik "webmaster tools" Lihat gambar!
Cara Membenarkan Sitemap Yang Error
2. Setelah masuk ke alat webmaster silahkan cari "Tambahkan Situs" maka akan terbuka layar kecil baru yang intinya menyuruh Anda untuk memasukkan Url blog Anda. Lihat gambar!
Cara Membenarkan Sitemap Yang Error

3. Jika sudah silahkan klik "kirim", maka akan muncul layar aru untuk meminta verifikasi kepemilikan situs. Maksudnya untuk memastikan bahwa blog tersebut benar-benar milik Anda.

Cara untuk memverifikasi nya silahkan menggunakan metode alternatif agar lebih mudah serta cepat. Untuk jelasnya lihat gambar!
Cara Membenarkan Sitemap Yang Error

4. Silahkan pilih "Tag Html", dan akan muncul tampilan kode seperti dibawah ini. Lihat gambar!
Cara Membenarkan Sitemap Yang Error

Lanjutkan dengan copy dan pastekan pada bagian <head> tempalte blog Anda. Caranya pilih "Tema" lalu klik "Edit Html" dan pastekan kode tadi tepat dibawah kode <head> pada blog Anda. Setelah itu klik save/simpan. Selanjutnya Anda kembali ke webmaster dan silahk klik "verifikasi", jika benar maka kan muncul ucapan "Selamat, Anda telah berhasl memverifikasi kepemilikan http://bloganda.blogspot.com

5. Stelah itu klik "lanjutkan", maka akan muncul alamt blog Anda di Webmaster tools, lihat gambar!
Cara Membenarkan Sitemap Yang Error

6. Lalu klik saja alamat url blog Anda, maka akan muncul tampilan baru lihat gambar!
Cara Membenarkan Sitemap Yang Error
Silahkan klik "perayapan/crawl" dan klik "petas situ atau sitemap"

Nah sampai disini proses daftar di goolge webmaster sudah selsai, sekarang cara submit sitempa bloga Anda

Cara Mudah Submit Sitemap Blog


Lanjut pembahasan diatas tadi, setelah ANda klik petas itus/sitemap maka akan muncul gambar seperti ini. 
Cara Membenarkan Sitemap Yang Error

Silahkan isikan kolom kosong tersebut dengan "atom.xml?redirect=false&star-index=1&max-results=500 atau rss.xml"


Setelah itu klik kotak biru "Mengirimkan Peta Situs", kemudian klik "Segarkan Laman". Nah Anda tanpa sadar telah mendaftar di goole webmaster tools serta melakukan submit sitemap buat blog Anda sendiri. Selanjutnya tinggal tunggu proses indeks dari pihak Google dan tetaplah rajin menulis artikel buat situs Anda.

2 comments:

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggal komentar yang relevan